Cara Mengatasi MobileGeddon Update

Berita heboh dan terhangat didunia persilatan SEO, mulai hari ini 21 April bertepatan dengan Hari Ibu Kartini Google melakukan update Algoritmanya, kali ini Google menamkannya dengan nama MobileGeddon‬. Algoritma ini akan membabat website yang belum MobileFriendly‬ atau Responsive Design‬. Jadi kalau website anda belum menggunakan templete yang responsive maka segera rubah dari sekarang karena jika tidak siap-siap terjun payung. 

Memastikan apakah website kita sudah Responsive Design / MobileFriendly‬ atau belum silahkan cek dengan menggunakan alamat web berikut https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/


Cara menggunakan tools ini sangat mudah, tinggal masukan alamat web. Berikut cara melakukan tes dengan tools yang disediakan oleh google ini yaitu :
  1. Buka website https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
  2. Masukan alamat web pada kolom input text (alamat lengkap web)
  3. Klik tombol Analyze (ada disebelah kanan)
  4. Nanti ada proses analisis dari google terhadap web, tunggu saja
  5. Kalau sudah selesai akan tampil seperti gambar diatas Keterangan
    Mobile Friendly‬ atau Responsive Design‬ nda 
  6. Silahkan lihat hasilnya analisisnya 
Berikut hasil contoh web yang tidak responsive  




Sekarang gimana caranya biar website kita mobile friendly sehingga tidak terjadi perubahan di mesin pencari? Cara Mengatasi MobileGeddon Update mudah saja teman-teman tinggal ganti aja templete yang mendukung Responsive Design. Cari di Google banyak sekali templete yang mendukung Responsive Design atau kalau mau buat sendiri juga bisa dengan menggunakan Bootstrap.

Gimana dengan blogspot atau wordpress yang gratisan? caranya juga sangat gampang tinggal cari templete yang responsive, kemudian ganti melalui dashboard. 

Monggo yang belum ganti templete segera ganti sekarang juga, selamatkan aset anda. Blog atau web adalah asetnya pelaku bisnis online jadi saatnya menyelamatkan aset-aset kita.

SELAMAT MENCOBA