Setting Mail Merge Thunderbird

Salah satu karyawan di perusahaan swasta bagian marketing diminta atasannya untuk mengirimkan email sebanyak 500 account email dan harus selesai pada hari itu. Dengan berat hati si karyawan tersebut menerima perintah tersebut dengan konsekuensi pekerjaan yang lain di abaikan terlebih dahulu. Kemudian dia mulai melakukan pengiriman email satu persatu ke daftar email yang sudah diberikan oleh atasannya. Isi email dia buat dulu di Writer, kemudian secara bergantian di copy ke kolom email, lalu isi email (content) dan judul. Setelah selesai semua baru dia kirim tombol Send. 

Kebayang nda sih 500 account email harus di kirim satu persatu, dan butuh waktu yang lama karena model manual. Sebetulnya kalau dia mau semua email di copy di kolom To, tapi atasannya sudah mewanti-wanti kirim satu-satu karena orang lain tidak boleh tahu email yang lain. 

Tiba-tiba di kiriman email ke 20 si karyawan menemukan tutorial hasil search di google tentang cara mengirim email masal dengan thunderbird, Setting Mail Merge Thunderbird. Pelan-pelan ia baca dengan saksama, setelah beberapa kali membaca mulai sedikit demi sedikit memahami dan coba di praktekan. Berikut hasil resume ngoprek yang berhasil di dokumentasikan.

Langkah-Langkah menggunakan Merge di Thunderbird yaitu :


Buka Email Client Thunderbird (klo belum di install dulu)
Install Add On Merge pada sebelah kanan


Kemudian Klik Add On
Cari saja di kolom search dengan menuliskan kata "merge"
Kalau sudah di temukan klik Install

Sampai disini modul yang kita butuhkan Merge telah berhasil kita install di aplikasi thunderbird kita. Untuk langkah selanjutnya adalah bagaimana penggunaannya, mari kita lanjutkan gimana cara menggunakan merge di thunderbird guna mengirimkan email masal.

Pertama : Siapkan data email dalam bentuk CSV, kasih judul misal email dan perusahaan : dibawahnya data email yang akan dikirim dan perusahaannya.


Simpan dalam bentuk CSV. Oh ya kalau pakai windows bisa pakai excel. 

Langkah kedua kita buat isi email dengan asumsi isi email sama sehingga bisa kita buat dulu drafnya. 

Langkah ketiga kembali ke thunderbird kemudian klik Write untuk mengirim email.


Perhatikan gambar diatas
Pada To : isi dengan tanda {{email}} 
Terus pada isi atau body text Kepada Yth ..... pas pada nama perusahaan tulis dengan {{perusahaan}}. Semua sesuai dengan judul yang ada di file CSV yang sudah kita buat diawal. Setelah selesai semua, langkah selanjutnya adalah klik tombol Send ada tanda panah ke bawah pilih menu Mail Merge.


Setting sesuai dengan gambar diatas. 
Source : Pilih CSV
Deliver Mode : Bisa pilih Send Now / send leter / draf
Format : bisa pilih HTML/Text
File : pilih file CSV yang sudah dibuat dengan klik browse
Filed D : pilih sesuai format waktu buat CSV misal : , 
Text D : Pilih "
Kalau sudah semua di pilih langkah selanjutnya klik tombol OK untuk mengirim 
Sampai disini muncul Proses Pengiriman, selanjutnya anda bisa menunggu pengiriman email sambil ngupi.

Akhirnya pada angka ke-20 pengiriman email manual dihentikan kemudian berlanjut dengan menggunakan merge, dan hasilnya Subhanallah cukup klik sekali Send email berjumlah 480 terkirim dalam hitungan menit (tidak sampai berjam-jam).

Saking senengnya menemukan cara kirim email masal dengan Thunderbird ini, hasil coretannya di share di blog pribadinya. 

Demikian Semoga bermanfaat 

Bisnis Muslim Online