Reformasi Total Pelayanan Kereta Api

Keamanan, kenyamanan dalam menggunakan transportasi ketika kita bepergian adalah faktor utama dan paling penting yang jadi pertimbangan. Tidak manusiawinya transportasi di negara kita menjadi penyebab buat sebagian orang untuk menggunakan transportasi umum. Dan sebagian orang inilah yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi sehingga efeknya adalah timbulnya Kemacetan. Kemacetan tidak akan terhindari selagi orang yang memiliki kendaraan lebih nyaman menggunakan mobil pribadi dibanding menggunakan transportasi umum.

Jadi kunci mengatasi kemacetan adalah bagaimana menciptakan transportasi yang aman, nyaman, terjangkau sehingga orang akan memilih menggunakan transportasi umum. Sepertinya sudah mulai ada gerakan kearah bagaimana menciptakan suasana yang nyaman dan aman dalam menggunakan transportasi umum, seperti yang dilakukan oleh Kereta Api Indonesia. Kami salut dan sangat menghargai apa yang sudah dilakukan oleh kereta api. Dari julukan transportasi yang sangat tidak manusiawi sekarang menjadi sangat manusiawi bahkan boleh dibilang islami. 

Lihatlah dan rasakanlah perubahan pelayanan kereta api jabodetabek, 100% berubah total. Mulai dari rasa nyaman kini kereta api jabodetabek sudah menggunakan AC (tidak ada yang tidak ber AC), interior ruangan sangat bagus, tidak ada yang berjualan seperti dulu, gerbong wanita di pisah dengan laki-laki, tidak ada lagi yangnaik di atap dan lain-lain. Sedangkan dari sisi aman, ada penjaga disetiap gerbong, tidak ada pengamen, tukang dagang dan yang lainnya (mungkin masih banyak yang belum disebutkan disini).

Apakah anda merasakan pelayanan yang berbeda dari kereta api? ya buat yang belum coba rasakan bedanya antara pelayanan yang dulu dengan yang sekarang, InsyALLAH baru bisa berkomentar. 

Ini pengalaman pribadi setelah sekian lama tidak menggunakan jasa kereta api jabodetabek, mungkin terakhir tahun 2007. Sejak saat itu tidak pernah lagi dan baru menggunakannya lagi ditahun 2014 bulan april kemaren ketika ada tugas ke jakarta daerah senayan. 

Kebetulan pergi bersama teman dalam rangka tugas kantor untuk bertemu client. Rencana awal akan menggunakan motor karena kami pikir lebih cepat dan praktis, tapi di timang-timang jarak yang cukup jauh, panas dan macetnya bikin cape maka teman nyletuk pakai kereta api aja lebih nyaman dan enak dah (kata temen yang sudah menggunakan jasa kereta api). Akhirnya setuju dengan usulan temen setelah diberitahu bahwa pelayanan kereta jabodetabek sudah berubah 100%, penasaran dengan kata temen tadi akhirnya setuju dengan usulan temen. 

Berangkat dari stasiun UI, mulai dari pembelian tiket sudah ada perubahan pelayanan, kemudian pas masuk peron pakai kartu yang di tempel di alat deteksi (bukan lagi pakai petugas), pas nunggu yang biasanya bete nunggu kereta datang sekarang lebih cepat (kereta diperbanyak dan jadwal lebih padat), pas masuk ruangan gerbong terasa nyaman tidak terlalu penuh, dalam perjalanan setiap sampai stasiun ada suara pemberitahuan "kereta sudah sampai stasiun A, ......). Subhanallah luar biasa perubahannya, dan yang paling kami apresiasi adalah adanya gerbong wanita. Wanita sangat dihargai tidak seperti dulu waktu kondisi kereta berdesak-desakan, laki-laki dan wanita berdesak-desakan bahkan tidak sedikit terjadi pelecehan seksual di dalam kereta. Dengan kondisi sekarang tentu wanita lebih aman dan terlindungi dari adanya pelecehan seksual oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Itulah kondisi kereta kita sekarang, kami sangat hargai kerja keras manajemen kereta api yang sudah melakukan perubahan-perubahan. Kami sebagai pengguna sangat berterima kasih sekali dengan adanya perubahan menjadi lebih baik ini, semoga hal ini bisa di tiru oleh transportasi lain seperti bus, angkot dan kendaraan umum lainnya.

Buatlah perubahan walau sedikit, teruslah melayani dengan sepenuh hati dan tulus, semoga apa yang sudah bapak/ibu lakukan menjadi ladang amal. 

Selamat Berkarya dan teruslah melayani dengan hati, Barvo Kereta Api Indonesia!

Coretan ini dibuat oleh
Pemilik Toko Herbal Muslim 
Toko Baju Muslim Online
Konsultan Kesehatan K-Link